Apakah iPhone Anda Asli?

Memiliki sebuah unit iPhone memang menjadi impian para gadget freak, apalagi di Indonesia dimana tingakat konsumsi masyarakatnya begitu tinggi. Karena itu tidak heran jika kehadiran ponsel iPhone terbaru kerap ditunggu-tunggu masyarakat tanah air. Akan tetapi banyak pihak yang tidak bertanggungjawab yang memanfaatkan kesempatan seperti ini dengan menjual produk iPhone palsu atau replika.

Bertebarannya iPhone replika di pasaran tentu sangat meresahkan. Selain meresahkan para user iPhone, keberadaan iPhone palsu ini juga bisa merugikan distributor resmi Apple Indonesia. Seperti kasus yang baru-baru ini terjadi yaitu distributor resmi Vans Indonesia yang tutup akibat melimpahnya produk vans replika. Pasar barang-barang replika semacam ini memang merugikan baik konsumen, distributor dan tentu saja produsennya.

Untuk itu demi menghindari tertipu membeli iPhone palsu, sebaiknya kita mengetahui dengan pasti perbedaan iPhone asli dan palsu. Terutama bagi para user yang baru pertama kali beralih ke ponsel pabrikan Apple ini. Membedakan iPhone palsu dan asli cukup banyak caranya, bisa dari segi fisik bisa juga dari autentikasi perangkatnya. Simak artikel di bawah sebagai panduan bagi anda yang ingin membeli ponsel iPhone.

Kerugian Membeli iPhone Replika

Membedakan iPhone Asli dan Palsu

Membedakan iPhone Asli dan Palsu

  • Spesifikasi Mesin
    Mayoritas iPhone replika menggunakan processor yang hanya dualcore dan kapasitas RAM yang sangat kecil  sekitar 512MB. Produk originalnya iPhone memang hanya menggunakan RAM berkapasitas kecil untuk memproses data pada sistem operasi iOS. Beberapa produsen seperti HDC malah memberikan spesifikasi tinggi pada produk iPhone replika nya dengan processor Quadcore dan RAM 1GB.
  • Kualitas Bahan Material
    Diproduksi dengan biaya yang jauh lebih murah membuat  produsen replika untuk menggunakan bahan material di bawah standar iPhone original. Meskipun secara visual iPhone replika tidak memiliki perbedaan dengan iPhone asli, unit iPhone replika akan terasa sangat berbeda ketika digenggam dan dirasakan.
  • Kualitas Kamera
    Berbanding terbalik dengan iPhone original yang memiliki spek kamera beresolusi kecil namun hasil memuaskan. iPhone replika justru memiliki resolusi kamera yang lebih besar, namun tetap saja hasil gambar masih di bawah iPhone asli.
  • Sistem Operasi
    iPhone replika menggunakan sistem operasi Android. Tidak seperti iPhone ori yang menggunakan iOS. Memang iPhone replika menggunakan UI yang  yang tampilan sama persis dengan iOS asli, namun tetap saja tidak bisa terintegerasi dengan sejumlah fasilitas bawaan Apple seperti iCloud dan iTunes.

Cara Membedakan iPhone Asli Atau Palsu

Perbedaan iPhone Replika/KW dengan Asli

Perbedaan iPhone Replika/KW dengan Asli

  • Material Kelas Premium
    Apple iPhone asli hanya diproduksi dengan satu versi penggunaan material, sehingga material yang digunakan benar-benar premium dan eksklusif. Dengan begitu, kita bisa membedakan iPhone hanya dengan memainkan ‘feeling’. iPhone asli akan terasa mantap di genggaman dan terkesan kokoh dengan body yang terbuat dari bahan logam serta kaca berkualitas tinggi.
  • Retina Display
    Retina Display adalah merk dagang yang digunakan oleh Apple untuk perangkat layar yang mereka gunakan. Layar ini memiliki kepadatan piksel yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan layar yang digunakan pada iPhone replika. iPhone KW biasanya matriks-matriks piksel masih dapat terlihat dengan jelas.
  • Screenshot Melalui Tombol Tertentu
    Pengguna fanatis iPhone pasti sudah pada mengetahui cara sepele ini. Pengambilan screenshot pada iPhone, iPod touch serta iPad dapat dilakukan hanya dengan menekan tombol Lock serta Home button secara bersamaan. Jika perangkat yang secara fisik menyerupai iPhone tidak mampu mengambil screenshot dengan cara ini maka keasliannya sangat diragukan.
  • Terhubung Dengan App Store
    Setiap sistem operasi mobile memiliki apps market masing-masing seperti iOS dengan App Store, Android dengan Google Play, Windows dengan Windows Phone Store. Jika kita hendak mengunduh aplikasi untuk iPhone dan malah nyasar ke apps market yang lain berarti iPhone yang kita gunakan adalah replika alias KW.
  • Terdeteksi Oleh iTunes
    iPhone asli dengan iOS-nya juga hanya dapat tersinkronisasi dengan iTunes baik versi Mac maupun versi Windows. Jika perangkat iPhone yang kita miliki tidak dapat dikenali dan tersinkronisasi dengan iTunes, bisa jadi iPhone tersebut adalah replika atau paling tidak mengalami kerusakan.

Comments are closed.